Sejarah Kerajaan Singasari

sumber sejarah kerajaan singasari

Sejarah Singkat Kerajaan Singasari Terlengkap – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang pada kali ini kami akan membahas tentang sejarah kerajaan singasari. Dari pada penasaran yuk langsung simak penjelasannya dibawah ini.

sejarah kerajaan singasari lengkap

Tahukah kalian Tentang sebuah Kerajaan Singasari? Kerajaan Singasari adalah Kerajaan yang ada di daerah Jawa Timur pada tahun 1222 masehi yang dibangun oleh seorang yang bernama Ken Arok. Diperkirakan dari lokasi Kerajaan ini berada pada daerah Singasari, Malang. Nama dari Kerajaan ini sebenarnya merupakan Kerajaan Tumapel yang beribukota didaerah Kutaraja.

Awal berdirinya kerajaan Singasari

Pada awalnya Kerajaan Tumapel adalah salah satu daerah yang dipimpin oleh Kerajaan Kadiri dan pada waktu kepemimpinan Tunggul Ametung yang pada saat itu menjabat sebagai akuwu yang setara dengan camat. Dia dibunuh yakni melalui cara ditipu dengan pengawalnya sendiri yakni yang bernama Ken Arok lalu kemudian ia menjabat menggantikan Tunggul Ametung sebagai camat atau akuwu baru.

Kerajaan ini sudah pernah berjaya yang pada masa kepemerintahan Kertanagara yang waktu itu sekaligus menjadi seorang raja terbesar disebuah sejarah Kerajaan. Beliau telah mengirim sebuah pasukan Ekspedisi Pamalayu sebagai pembuat Sumatera yakni untuk benteng dari pertahanan. Lalu ditahun 1284, dia juga sudah mengadakan sebuah ekspedisi untuk mengusai Bali.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Majapahit

Runtuhnya dari Kerajaan ini ialah akibat dari sibuknya raja untuk mengirim sebuah angkatan perang ke daerah luar Jawa dan juga pemberontakan yang dilakukan oleh Jayakatwang dan juga berhasil membunuh seorang Raja bernama Kertanegara. Jayakatwang lalu mendirikan sebuah ibukota di daerah Kadiri atau yang sekarang biasa disebut Kediri.

Raja-raja di Kerajaan Singasari

Sebuah Kerajaan yang dipimpin dengan seorang raja dan sudah membawa sebuah pengaruh besar kepada Kerajaan ini. Sehingga diKerajaan ini mempunyai sebuah sejarah yang sudah pastinya terkenang oleh penduduk diIndonesia. Berikut ini berikut raja dari Kerajaan Singasari dari pertama sampai terakhir :

  • Pertama yakni Ken Arok
  • Kedua yakni Anusapati
  • Ketiga yakni Tohjaya
  • Keempat yakni Ranggawuni
  • Keempat yakni Kertanegara

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Peninggalan Dari Kerajaan Singasari

sejarah kerajaan singasari singkat

1. Candi Jago

Candi Jago adalah sebuah peninggalan dari Kerajaan Singasari yang mempunyai sebuah arsitekstur yang mempunyai sebuah susunan layaknya dari teras punden berundak. Bentuk candi ini cukuplah unik, pasalnya pada bagian atas dari bentuk candi ini hanya lah tersisa sebagiannya saja.

Menurut sebuah sejarah, Candi Jago juga pernah tersambar petir. Jika kalian bersinggah ke Candi yang satu ini, kalian akan menemukan sebuah relief dari Kunjarakarna dan juga relief Pancatantra. Batu yang dipakai dikeseluruhan bangunan dari candi ini memakai sebuah batu andesit. Yang konon katanya, candi ini pula dipakai oleh Raja Kertanegara sebagai tempat beribadah.

2. Candi Singasari

Letak dari candi ini berada didaerah Kecamatan Singasari, dikabupaten Malang, tepatnya pada lembah antara Pegunungan Tengger dan juga Gunung Arjuna. Disebutkan pada Kitab Negarakertagama dan juga Prasasti Gajah Mada pada 1351 Masehi, bahwa dari candi ini adalah kediaman terakhir Raja Kertanegara. Yang tidak bukan adalah raja Singasari yang terakhir.

Disebutkan bahwa seorang Raja Kertanegara itu berpulang ditahun 1292 dikarenakan diserang dengan Jayakatwang yang dipimpin dengan tentara Gelang-gelang. Diduga kuat didalam pembangunan Candi tak pernah selesai untuk dibangun.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Tarumanegara

3. Arca Dwarapala

Arca Dwarapala adalah sebuah peninggalan dari Kerajaan Singasari yang mempunyai sebuah bentuk mirip monster dan mempunyai ukuran yang begitu besar. Menurut seorang juru kunci yang ada ditempat ini, arca Dwarapala adalah salah satu tanda bahwa kalian sudah masuk ke dalam wilayah Kotaraja.

Tapi pada saat ini, letak dari Kotaraja Singasari tidak pernah ditemukan. Sehingga si Arca Dwarapala ini dikategorikan sebuah peninggalan dari Kerajaan Singasari.

4. Candi Sumberawan

Candi ini adalah sebuah stupa yang ditemukan pada daerah Jawa Timur yang berlokasikan kurang lebih 6 kilometer dari Candi Singasari. Selain sebagai sebuah peninggalan Kerajaan, tentunya candi ini sering kali dipakai oleh umat Buddha masa itu.

Jika kita lihat, pemandangan dicandi ini sangat lah indah dikarenakan lokasi dari candi ini yang berada dekat dengan telaga air yang mempunyai air sangat lah jernih. Sehingga nama dari candi disebut dengan Sumberawan.

5. Candi Jawi

Candi ini berada di sebuah pertengahan jalan raya antara jalan Pandaan dengan Prigen dan juga Pringebukan, candi ini sering kali dikira untuk tempat ibadah dari umat Buddha. Tapi sebenarnya, tempat ini adalah tempat sebagai menyimpan sebuah abu dari mayat Raja Kertanegara.

6. Candi Kidal

Sebuah warisan Kerajaan Singasari yakni sebuah Candi Kidal yang dibangun untuk sebagai penghormatan dari raja yang kedua dari Singasari, yakni Anusapati. Dia memimpin Singasari selama 20 tahun, yakni pada tahun 1227 sampai tahun 1248. 

Kematian Anusapati wafat dikarenakan dibunuh oleh seorang yang bernama Panji Tohjaya untuk bentuk sebuah perebutan kekuasaan dari Kerajaan yang diyakini adalah sebuah kutukan dari Mpu Gandring.

7. Prasasti Singasari

Prasasti ini dibikin pada tahun 1351 Masehi dan ditulis memakai aksara jawa. Penulisan dari prasasti ini ditujukan sebagai mengenang dari pembangunan candi itu sendiri yang dilakukan oleh seorang Mahapatih Gajah Mada.

Demikianlah pemabahasan kali ini tentang Sejarah Singkat Kerajaan Singasari Terlengkap semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan syukron telah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

Related Post