Sejarah Kerajaan Pajajaran

sumber sejarah kerajaan sunda

Sejarah Kerajaan Pajajaran Singkat Terlengkap – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Sejarah Kerajaan Pajajaran Singkat Terlengkap. Dari pada penasaran yuk langsung simak penjelasannya.

Tahukah kalian soal Kerajaan Pajajaran? Kerajaan Pajajaran atau biasanya disebut Kerajaan Sunda merupakan kerajaan Hindu yang berada di sebelah barat dari Pulau Jawa atau Sunda.

sumber sejarah kerajaan pajajaran

Kerajaan ini beribukota di daerah Pajajaran atau sekarang yaitu Bogor, kerajaan ini biasa dikenal dengan nama yakni Pakuan Pajajaran.

Sebagaimana adat dan juga kebiasaan di daerah Asia Tenggara pada saat itu yang menyebut sebuah kerajaan dan menggunakan nama ibukotanya. Beberapa dari catatan sejarah yang menyebutkan dari kerajaan ini dibangun oleh seorang yang bernama Sri Jayabhupati pada 923.

Sementara kerajaan Pakuan Pajajaran telah resmi dinyatakan berdiri pada saat Jayadewata itu naik tahta pada tahun 1482 dan juga bergelar sebagai Sri Baduga Maharaja. Sejarah dari kerajaan ini banyak sekali dikisahkan didalam berbagai kitab cerita.

Awal Berdirinya Pakuan Pajajaran

Pada kala itu, dua kerajaan yang ada di tanah Parahyangan atau Sunda, yang sekarang Jawa Barat adalah sebuah Kerajaan Galuh dan juga Kerajaan Sunda. Kedua kerajaan ini diikat oleh sebuah perkawinan diantara putra dari raja Galuh dengan putri dari raja Sunda.

Kerajaan Galuh yang dipimpin oleh raja yang bernama Raja Dewa Niskala dan juga Kerajaan Sunda yang dipimpin oleh raja yang bernama Raja Susuktunggal. Pada 1400-an, saat Majapahit itu diambang kehancuran, rombongan pengungsi yang datang ke daerah Kerajaan Galuh dan juga diterima dengan tangan yang terbuka.

Kepala rombongan yang masih saudara dari Prabu Kertabumi atau raja diMajapahit yang bernama Raden Baribin yang dinikahkan dengan seorang putri Galuh, yakni Ratna Ayu Kirana. Sang raja pun sudah mengambil istri dari rombongan itu.

Tindakan itu menyebabkan sebuah kemarahan dari raja kerajaan Sunda yang menuduh siraja Galuh untuk melupakan sebuah aturan bahwa seorang Galuh dan juga Sunda dilarang keras untuk menikah dengan masyarakat dari kerajaan Majapahit. Kedua raja yang sudah terlibat pertalian besan itu pun terlibat sebuah sengketa

Tak disangka, nama yang dipilih dari dua kerajaan itu yakni nama yang sama, yaitu Jayadewata. Maka selesai lah persengketaan itu dengan cara menyatukan dua kerajaan itu di bawah kepemerintahan satu raja. Selain Sri Baduga Maharaja, nama lain dari Jayadewata yakni Prabu Siliwangi.

Masa Kejayaan Kerajaan Pajajaran

masa kejayaan kerajaan pajajaran

Tercatat terdapat 5 raja yang pernah memimpin di Kerajaan Pajajaran, yaitu Sri Baduga Maharaja pada tahun 1482 sampai 1521, lalu Surawisesa pada tahun 1521 sampai 1521, lalu Ratu Dewata pada tahun 1535 sampai 1543, lalu Ratu Sakti pada tahun 1543 sampai 1551), serta yang terakhir yakni Ratu Nilakendra pada tahun 1551 sampai 1567).

Masa kejayaan yang terjadi pada saat pemerintahan dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja saat menduduki singgasana sebagai raja. Berbagai pembangunan fisik dibngun untuk memudahkan sumber kehidupan kerajaan dan juga rakyat.

1. Pembangunan Fisik

Karena masih berstatus ‘kerajaan baru’, maka prabu wiliwangi banyak sekali melakukan sebuah pembangunan fisik untuk mempermudah kehidupan di negara dan juga rakyat. Berikut merupakan pembangunan fisik yang bangun oleh raja pertama dari Kerajaan Pajajaran diantara lain sebagai berikut:

  • Yakni membangun jalan dari ibukota yakni Pakuan sampai ke daerah Wanagiri,
  • Membuat sebuah telaga besar yang saat itu diberi nama dengan Talaga Maharena Wijaya,
  • Membangun sebuah kabinihajian atau sebuah keputren ataupun tempat tinggal dari putri, dan
  • Membangun sebuah pamingtonan atau sebuah tempat hiburan.

2. Bidang Militer

Pertahanan negara itu diperkuat dengan memperkuat sebuah angkatan militer agar sebuah peristiwa seperti Peristiwa Bubat agar tidak terulang. Kesatrian atau sebuah asrama untuk para prajurit dibangun sebagai menarik minat untuk para pemuda agar mau menjadi seorang prajurit.

3. Administrasi pemerintahan

Kegiatan administrasi dipemerintahan sangatlah rapi, dengan memberikan sebuah tugas yang sangat spesifik pada seorang abdi raja. Undang-undang kerajaan yang disusun sebagai pengatur kehidupan didalam bernegara.

4. Keagamaan

Karena agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia, sebuah desa-desa perdikan itu dibagikan untuk para pendeta dan juga murid-muridnya. Tanah perdikan sebuah tanah yang tidak sama sekali dipungut pajak.

Sehingga para pendeta pun dan juga muridnya dapat dengan sangat leluasa untuk memimpin sebuah ritual keagamaan tanpa perlu untuk memikirkan masalah diduniawi.

Runtuhnya Pakuan Pajajaran

Penerus dari tahta Pajajaran tidak ada bisa menandingi dari kemasyhuran Sri Baduga Maharaja. Semua catatan tentang masa kejayaan yang diabadikan didalam kidung, cerita, pantun, babad, dan pada terukir didalam sebuah prasasti-prasasti yakni hasil kerja keras sang raja yang pertama.

Catatan untuk keruntuhan kerajaan Pajajaran terjadi pada tahun 1579 Masehi yang diakibat serangan dari seorang Kesultanan Banten, anak kerajaan dari sebuah Kerajaan Demak yang berada Jawa Tengah. Ditandai oleh pemboyongan seinggasana raja atau Palangka Sriman Sriwacana dari Pakuan kerajaan Pajajaran ke sebuah Keraton Surosowan yang ada diBanten oleh seorang Maulana Yusuf.

Pemboyongan singgasana itu merupakan sebuah aksi simbolis kepada tradisi politik pada masa itu agar kerajaan Pakuan Pajajaran tidak bisa dinobatkan sebagai raja baru. Maulana Yusuf ditasbihkan dijadikan sebagai penguasa sah Sunda dikarenakan dirinya masih mempunyai darah Sunda dan yaitu sebuah canggah dari raja Sri Baduga Maharaja.

Berakhirnya kerajaan ini merupakan akhir dari kekuasaan agama Hindu di Parahyangan atau sunda dan awal dari sebuah masa dinasti Islam. Konon dahulu bahwa sebagian darai abdi istana itu menetap di daerah Lebak dan juga menerapkan sebuah cara kehidupan seorang mandala yang begitu ketat. Kini keturunan para abdi di istana ini mrupakan yang kita bisa kenal adalah Suku Baduy.


Demikian lah pembahasan kali ini tentang Sejarah Kerajaan Pajajaran Singkat Terlengkap semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat membantu kalian dan syukron telah membaca dan berkunjung,

Baca Juga Lainnya:

Related Post