Sejarah Kerajaan Majapahit

peninggalan kerajaan majapahit

Sejarah Kerajaan Majapahit Singkat Dan Terlengkap – Halo sobat kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang pada kali ini akan kami bahas tentang sejarah kerajaan majapahit singkat dan terlengkap. Yuk langsung simak penjelasannya dibawah ini.

sejarah singkat kerajaan majapahit

Kalian pastinya sudah pernah mendengar dan tau soal Kerajaan Majapahit yakan? Ya, Kerajaan Majapahit adalah sebuah Kerajaan yang terbesar yanga ada di Indonesia. Kerajaan yang mempunyai nama unik ini sudah tentunya mempunyai banyak sisi yang sangat menarik didalamnya.

Kalian masih penasaran dengan hal-hal lain yang mengenai tentang Kerajaan yang terbesar di negara Indonesia ini bukan? Berikut ini merupakan ulasannya dari seputar Kerajaan Majapahit :

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Bermula dengan adanya serangan dari Jayakatwang yang sudah menyerang dari Kerajaan Singosari. Raden Wijaya yang pada saat bertugas untuk menghadang dari pasukan yang ada di sebelah utara yang ternyata sudah mendapat serangan yang lebih besar yang sudah dilancarkan dari arah sebelah selatan.

Raden Wijaya terpaksa harus kembali ke istana. Melihat istana yang sudah porak poranda dan juga terbunuhnya si Kertanegara, akhirnya si Raden Wijaya pun melarikan diri. Raden Wijaya untuk melarikan diri itu bersama dengan bala tentaranya yang sangat setia dan dibantu oleh masyarakat desa Kugagu.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Setelah dia merasa aman, Raden Wijaya pun pergi ke Madura untuk meminta perlindungan dari Aryawiraraja. Oleh raja Aryawiraraja pun, Raden Wijaya itu dihadiahkan hutan tarik supaya diurus dan juga dijadikan untuk daerah kekuasaannya.

Hutan tarik itu sebuah hadiah yang akan dijadikan nama sebuah dari desa yang pada saat itu diberi nama dengan nama Majapahit. Nama Majapahit itu diambil dari sebuah kata yakni “buah maja yang berasa pahit”. Dikarenakan didaerah ini banyak sekali dijumpai buah maja yang mudah sekali ditemukan.

Pada saat itu, pasukan dari tentara Mongol yang datang ke daerah Jawa yang dipimpin oleh orang bernama Shih-Pi, Kau Hsing, dan juga Ike-Mise yang punya maksud untuk mencari Kertanegara yang akan dihabisinya.

Adanya sebuah situasi yang dimanfaatkan si Raden Wijaya yang memberitahukan bahwa si Kertanegara itu sedang ada di istana. Tapi, para tentara dari Mongol itu tidak mengetahui bahwa Kertanegara sudah tewas, dan untuk Kertanegara yang dimaksud oleh Raden Wijaya iyalah Jayakatwang.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Setelah membuat Kertanegara yang palsu yakni Jayakatwang terbunuh, dengan tentara Mongol akan berpesta. Keadaan yang ini sudah dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk menyerang pasukan dari Mongol hingga dia terusir dari pulau Jawa dan dia pun kembali ke negaranya. Sehingga pada 1293 Raden Wijaya itu naik tahta dan juga dijadikan menjadi seorang raja dan mendapatkan gelar yakni Sri Kertajasa Jayawardhana.

Raja-Raja Dikerajaan Majapahit

Tentu saja sebuah Kerajaan Majapahit itu mempunyai beberapa raja yang sangat terkenal, diantaranya sebagai berikut:

  • Yang pertama yakni Raden Wijaya (1293 sampai 1309 Masehi)
  • Yang ke-2 yakni Jayanegara (1309 sampai 1328 Masehi)
  • Yang ke-3 yakni Tribuana Tunggadewi (1328 sampai 1350 Masehi)
  • Yang ke-4 yakni Hayam Wuruk (1350 sampai 1389 Masehi)
  • Yang ke-5 yakni Kusumawardani Wikramawardhana (1389 sampai 1399 Masehi)
  • Yang ke-6 yakni Suhita (1399 sampai 1429 Masehi)
  • Yang ke-7 yakni Bhre Tumapel atau biasanya disebut Kertawijaya (1447 sampai 1451 Masehi)
  • Yang ke-8 yakni Rajasawardhana (1451 sampai 1453 Masehi)
  • Yang ke-9 yakni Purwawisesa (1456 sampai 1466 Masehi)
  • Yang ke-10 yakni Kertabumi (1466 sampai 1478 Masehi)

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Demak

Masa Kejayaan Dan Keruntuhan Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit pada puncak kejayaannya itu pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk yang adalah cicit dari raja Raden Wijaya. Pada usianya yang belia, Hayam Wuruk sudah diangkat sebagai raja Kerajaan Majapahit.

masa kejayaan kerajaan majapahit

Walaupun usianya yang masih sangatlah muda, Hayam Wuruk adalah sosok yang pekerja keras dan juga gigih. Bersama dengan Gajah Mada, Hayam Wuruk itu berhasil untuk menaklukkan hampir dari seluruh wilayah dinusantara dan kerajaan Majapahit itu menjadi sebuah kerajaan yang terbesar pada saat itu. Bahkan dia memperluas wilayahnya sampai ke negeri Thailand, Malaysia dan juga Singapura.

Namun dari wafatnya Gajah Mada dan juga raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit itu sudah mengalami sebuah kemunduran drastis. Ditambah pengaruh Islam yang pada saat itu meluas sampai banyak sekali serangan dari sebuah kerajaan baru Islam yang itu menyebabkan dari Kerajaan Majapahit itu runtuh.

Peninggalan Dari Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit yang sudah lama sekali berdiri dan juga menikmati banyak sekali kejayaan yang tentunya mempunyai peninggalan-peninggalannya yang tersendiri. Berikut ini peninggalan dari Kerajaan Majapahit antara lain sebagai berikut:

  • Pertama Candi Tikus
  • Kedua Candi Brahu
  • Ketiga Gapura Bajang Ratu
  • keempat Gapura Wringin Lawang
  • kelima Candi Jabung

Demikian lah penjelasan untuk materi dari Sejarah Kerajaan Majapahit Singkat Dan Terlengkap semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat membantu kalian dan juga syukron telah membaca dan berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

Related Post