Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi
Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi – Demokrasi secara harfiah dikendalikan oleh rakyat demokrasi berasal dari bahasa Yunani demokrasi yang artinya pemerintahan rakyat.

Demokrasi berasal dari kata yang artinya manusia, dan Kratos yang artinya pemerintahan pertengahan abad Istilah demokrasi menunjukkan sistem politik yang ada di beberapa negara kota Yunani, khususnya di Athena.

Pengertian Demokrasi Istilah ini digunakan untuk merujuk pada berbagai bentuk pemerintahan di mana masyarakat dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi cara pengelolaan komunitas mereka.

Sumber Referensi . https://pitchengine.com/tech/2021/02/18/latest-whatsapp-aero-2021/002517886781204199551

Sejarah Singkat Demokrasi

Pemerintahan demokratis dikembangkan sejak lama oleh orang Yunani kuno di kota Athena menyatukan semua orang yang merupakan warga suatu daerah.

Namun, tidak termasuk budak, wanita, orang asing dan anak-anak yang tidak memiliki hak pilih akan berbicara tentang jenis hukum yang diinginkan dan dipilih oleh warga negara akan mengusulkan hukum.

Semua warga negara diizinkan di majelis dipilih oleh banyak orang dewan berubah setiap tahun dan jumlah maksimal anggota dewan adalah 500.

Untuk beberapa posisi, orang Athena memilih pemimpin dengan menuliskan nama calon favoritnya di atas sebongkah batu atau kayu. Orang dengan suara terbanyak akan menjadi pemimpin.

Demokrasi di Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan ada banyak sistem di mana pemilihan diadakan, meskipun hanya sedikit yang dapat bergabung hari ini.

Parlemen Inggris dimulai dengan Magna Carta, sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa kekuasaan raja terbatas dan melindungi hak-hak orang tertentu.

Parlemen pertama parlemen De di Inggris pada hanya sedikit orang yang benar bergabung.

Parlemen hanya dipilih oleh sebagian kecil penduduk. Pada 1780, kurang dari 3% orang bergabung.

Penguasa juga memiliki kekuasaan untuk mengadakan parlemen. Setelah sekian lama, kekuatan Parlemen mulai tumbuh.

Sumber Referensi. https://pitchengine.com/tech/2021/02/18/android-racing-application/002517886787428233803

Setelah Revolusi Kemuliaan pada tahun 1688, British Bill of Rights memperkuat Parlemen. Belakangan penguasa hanya menjadi simbol dan tidak memiliki kekuatan nyata.

Jenis demokrasi

Ada dua jenis demokrasi, demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.

Berikut penjelasan masing-masing jenis demokrasi:

Demokrasi langsung

Dalam demokrasi langsung, setiap orang berhak membuat undang-undang bersama. Contoh modern demokrasi langsung adalah referendum.

Referendum adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cara suatu undang-undang disahkan yang dipilih oleh setiap orang dalam masyarakat.

Demokrasi langsung umumnya tidak digunakan untuk menjalankan suatu negara karena sulit untuk terus-menerus menyatukan jutaan orang untuk membuat undang-undang dan keputusan lainnya.

Demokrasi tidak langsung

Dalam demokrasi tidak langsung atau perwakilan, orang memilih perwakilan untuk membuat undang-undang untuk mereka.

Walikota, anggota dewan, anggota parlemen atau pejabat pemerintah lainnya dipilih sebagai perwakilan.

Ini adalah jenis demokrasi yang jauh lebih umum. Komunitas besar seperti kota dan negara bagian menggunakan metode ini, tetapi kelompok kecil mungkin tidak membutuhkannya.

Dalam demokrasi terdapat pilar demokrasi, yaitu tria politik yang membagi kekuasaan menjadi tiga bagian yaitu yudikatif, eksekutif dan legislatif.

Peradilan adalah lembaga yang memegang kekuasaan di lembaga peradilan. Lembaga ini terdiri dari Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Kehakiman (KY).

Cabang eksekutif adalah lembaga yang memegang kekuasaan pemerintahan.

Lembaga ini memiliki kewenangan dan tugas yang lebih luas Badan legislatif kini menjadi lembaga negara yang diberdayakan untuk merumuskan undang-undang.

Lembaga ini terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat (DVR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD).

Praktik demokrasi telah menjadi sistem politik yang dianut oleh sebagian besar negara di dunia.

Namun implementasinya berbeda-beda tergantung sudut pandang masing-masing negara.

Demokrasi mengambil berbagai bentuk yang antara lain didasarkan pada fokus perhatian, ideologi, dan proses penyaluran kemauan rakyat.

Penekanan pada perhatian

Berdasarkan penekanannya, demokrasi dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu demokrasi formal yang mempertahankan persamaan di bidang politik.

Demokrasi material yang berupaya menghilangkan perbedaan di bidang ekonomi; dan demokrasi gabungan yang mengambil yang baik dan menghilangkan yang buruk.

ideologi

Berdasarkan ideologi, demokrasi dibedakan menjadi dua bagian yaitu demokrasi konstitusional atau demokrasi liberal yang berdasarkan kebebasan atau individualisme demokrasi rakyat atau demokrasi proletar didasarkan pada Marxisme-Komunisme.

Proses penyaluran kemauan masyarakat

Berdasarkan proses penyaluran kemauan rakyat, demokrasi terbagi menjadi dua bagian, yaitu demokrasi langsung yang meliputi segala warna negara untuk musyawarah dan demokrasi tidak langsung dilaksanakan melalui sistem perwakilan.

Nan demkian sobat pembahsan Pengertian Demokrasi yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat berguna sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi. https://pitchengine.com/tech/2021/02/18/the-latest-version-of-the-facebook-lite-appli/002517886794060153029

Related Post