Lulusan dengan Kualifikasi Profesi, Kemendikbud: SMK Jangan Diremehkan

Lulusan-dengan-Kualifikasi-Profesi-Kemendikbud-SMK-Jangan-Diremehkan

Dulu, banyak yang mengira pelatihan di sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah pilihan terakhir. Faktanya, banyak orang yang meremehkan SMK.

Sekolah-sekolah di SMK saat ini sangat bagus, tidak seperti dulu. Karena sekolah SMK sudah banyak mengalami perbaikan, dari hulu hingga hilir.

Baca juga: 7 Jurusan Ini Cocok untuk Lulusan SMA

“Oleh karena itu, SMK bukan lagi pilihan yang dipandang sebelah mata dan bagi banyak orang bukan pilihan terakhir,”

kata Direktur Mitras DUDI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Saufi dalam acara Kompas Talks bertema “Pelatihan Vokasi untuk industri masa depan” online, Rabu (12 Februari 2020).

Dijelaskannya, peningkatan tersebut terlihat dari banyaknya industri atau dunia kerja yang mau bekerjasama dengan SMK. Dengan begitu, prestasi siswa SMK meningkat dengan menyerap ilmu dari dunia kerja dan industri.

“Mahasiswa profesional dapat melakukan magang di industri dan di tempat kerja.

Mereka banyak menyerap ilmu dari dunia kerja dan industri,” ungkapnya.

Jika perusahaan atau industri membutuhkan karyawan, biasanya akan diperoleh dari siswa SMK. Karena lulusan SMK siap memasuki dunia kerja secara langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Baca Juga: Atas Izin Nadiem, Monash University Buka Kampus di Indonesia

“Biasanya siswa terpilih bisa langsung bekerja di SMK, kebanyakan magang dulu. Namun sebagian besar diterima oleh siswa SMK,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menekankan, pelatihan vokasi semakin baik, terutama mereka yang belajar atau menimba ilmu di SMK.

“Kami telah memberikan insentif kepada guru dan kepala sekolah di SMK. Itu hanya membuat SMK lebih baik dan berani berkolaborasi dengan dunia kerja, bisnis, dan industri,” ujarnya.
Kemendikbud terus gencarkan pelatihan vokasi

Ia melanjutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak pernah berhenti memajukan pendidikan vokasi menjadi lebih tinggi dari periode sebelumnya dengan menginformasikan kepada media dan perusahaan yang telah mengambil magang SMK telah berpartisipasi.

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id

Related Post