Jawaban Syukron

gambar syukron

Pembalasan Syukron – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang arti, jawaban, dan pembahasan tentang syukron. Untuk lebih jelasnya maka marilah kita simak penjelasannya dibawah ini.

gambar syukron

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kata syukron sendiri sudah menjadi dari bagian dalam percakapan pada umat muslim. Kata ini sudah menjadi salah satu kosakata bahasa Indonesia dikarena penggunaannya itu sudah intens. Padahal, kata syukron merupakan kata yang asalnya dari bahasa Arab.

Kosakata itu lalu dipakai oleh masyarakat didalam percakapannya mereka. Dan itulah mengapa sebabnya kita sering sekali mendengar kata-kata syukron ini diucapkan dan sudah menjadi kebiasaan didalam masyarakat kita.

Dan kata-kata yang memakai bahasa Arab ini sebenarnya dipengaruhi oleh film-film yang bergendre islami yang sekarang mulai banyak pengemarnya di kalangan rakyat Indonesia contohnya saja film Ketika Cinta Bertasbih dan juga Ayat-ayat Cinta yang dimana sering diselipkan kata-kata yang berbahasa arab.

Dan pada kali ini kami akan menjelaskan tentang arti, jawaban dari syukron, dan untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya dibawah ini.

Arti Dari Kata Syukron

Syukron (شُكْرًا) merupakan salah satu kosakata bahasa Arab yang dimana harfiah itu berarti terima kasih. Kata Syukron sendiri itu digunakan sebagai kata ucapan berterima kasih kepada seorang muslim. Kata syukron juga sering ditambahkan dengan kata katsiira, dan menjadi kata syukron katsiira yang artinya itu terima kasih banyak. Dan inilah beberapa variasi dari kata-kata syukron, Sebagai berikut:

  • Syukron jazilan yang artinya terima kasih banyak
  • Syukron ala du’ai’ihi yang artinya itu terima kasih atas doanya dan kata ini diucapkan pada laki-laki
  • Syukron ala du’aiki yang artinya itu terima kasih atas doamu dan kata ini diucapkan pada perempuan
  • Syukron laka yang artinya itu terima kasih untukmu dan kata ini diucapkan pada laki-laki.
  • Syukron laki yang artinya itu terima kasih untukmu dan kata ini diucapkan pada perempuan.
  • Syukron ala du’aika yang artinya itu terima kasih atas doamu yang dimana kata ini diucapkan pada laki-laki.
  • Syukron ala du’aiha yang artinya itu terima kasih atas doanya yang dimana kata ini diucapkan pada perempuan
  • Syukron yaa habibi yang artinya itu terima kasih sayangku yang dimana kata ini diucapkan pada perempuan
  • Syukron yaa habibati yang artinya itu terima kasih sayangku yang dimana kata ini diucapkan pada laki-laki
  • Syukron ala ihsanini yang artinya itu terima kasih atas kebaikannya.

Jawaban Syukron

Dan bagaimanakah cara untuk menjawab ataupun membalas pada saat seseorang itu mengucapkan kata syukron (شكرًا) itu kepada kita? Jadi, kalian bisa membalas dari kata atau ucapan itu dengan kata-kata Afwan (عَفْوًا). Yang sebenarnya, kata Afwan itu mempunyai arti yaitu maaf, tapi kata ini sering sekali dipakai untuk balasan dari kata syukron. Dan ada yang mengartikannya kata ini sebagai kata sama-sama.

Menurut penjelasan dari beberapa artikel lainnya, kata Afwan itu dipakai untuk menunjukkan dari kerendahan si hati seseorang yang telah mendapat ucapan terima kasih dari orang lainnya. Penggunaan untuk kata Afwan ini menunjukkan bahwa bantuan yang sudah berikan itu tidaklah seberapa, dan hanya sekedarnya saja.

Contoh Penggunaan Kata Syukron

Biasanya kata syukron ini dipakai umat muslim, dan sering kali kita dengar tapi kita tidak tau artinya dan cara jawabnya, maka disini kami akan memberikan contoh dari penggunaan kata ini. Berikut contohnya:

Contoh 1:

Tono: Kamu jago sekali Di bermain bola nya, bisa kah kamu mengajari ku? Adi: Hehehe, baiklah nanti ku ajarkan Tono: Syukron jazilan Di

Contoh 2:

Kakak: Syukron Gi kamu telah membantu kakak untuk membenari motor Yogi: Afwan kakak

Contoh 3:

Pak Arif: Ga kamu sudah bpk daftarkan untuk lomba cerdas cermat matematika, belajar dengan giat ya Yoga: Syukron pak atas bantuan dari bpk

Dan itulah beberapa contoh dan juga pembahasan kali semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan syukron sudah berkunjung dan membaca.

Baca Juga Lainnya:

Related Post