Influencer Marketing membantu merek menghasilkan hingga 11 kali lipat!

Influencer Marketing adalah strategi pemasaran dengan influencer media sosial. Influencer media sosial ini antara lain YouTuber, blogger, vlogger, dan selebriti yang memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Sedangkan menurut para ahli di HireInfluence, influencer marketing adalah bentuk pemasaran dimana perusahaan merekrut influencer untuk mempromosikan brand mereka melalui media sosial.

Oleh karena itu, konsep pemasaran influencer sangat berbeda dari konsep

pemasaran tradisional. Sekarang Anda tidak perlu menjadi bintang layar lebar untuk mempromosikan produk atau layanan. Jika Anda sangat populer di media sosial, maka Anda juga berpeluang menjadi garda depan influencer marketing.

Influencer kemudian ditugaskan untuk mengiklankan, mendukung, atau menilai produk atau layanan pelanggan di platform media sosial. Manfaat pemasaran influencer adalah bahwa merek dapat membangun branding, kesadaran, dan keterlibatan untuk menghasilkan jumlah konversi yang mengejutkan. Menurut jeffbullas.com, influencer marketing dapat menghasilkan konversi hingga 11 kali lipat dari anggaran investasi yang dikeluarkan.

Mengapa pemasaran influencer lebih efektif daripada strategi periklanan digital?

Pemasaran influencer menjanjikan konversi berdasarkan kepercayaan dan loyalitas

Seberapa efektif pemasaran influencer dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya? Jika kita perhatikan lebih dekat, pemasaran influencer adalah evolusi dari pemasaran dari mulut ke mulut. Mengingat periklanan digital sedang memasuki masa krisis, word of mouth tentu lebih relevan dengan keadaan masyarakat.

Selidiki kalibrasi, jutaan pengguna internet memasang Adblock di perangkat seluler dan desktop. Akibatnya, digital advertising kurang efektif dalam mempromosikan sebuah brand. Sebelum pesan merek terkirim, pengguna telah memblokir iklan Anda. Ini berarti iklan Anda tidak akan menjangkau pengguna.

Istilahnya berbeda dengan pemasaran dari mulut ke mulut

. Menurut sebuah studi oleh Nielsen, 92% konsumen membeli berdasarkan rekomendasi, saran atau ulasan dari keluarga, teman, dan orang yang mereka percayai.

Lalu dimana posisi influencer? Influencer termasuk dalam kategori orang kepercayaan. Daripada membeli produk atau layanan secara acak di internet, Anda lebih suka membeli produk dari influencer yang Anda ikuti atau kagumi, bukan? Oleh karena itu, strategi pemasaran influencer marketing berdasarkan kepercayaan dan loyalitas lebih efektif.

Terlebih lagi jika Anda mengikuti seorang micro-influencer atau seorang influencer dengan pengikut sedang, tetapi ahli di bidang tertentu. Influencer ini akan menginspirasi atau mempengaruhi pengikut mereka untuk membeli produk atau layanan.

Influencer yang ahli di bidang tertentu pasti sudah mencoba produk atau layanannya sendiri agar ulasan produk jauh lebih andal. Anda yang sudah mengikuti rutinitas juga tertarik untuk membeli produk yang Anda rekomendasikan. Fakta menarik lainnya adalah mikro-influencer ini bisa mendapatkan lebih banyak konversi daripada mega-influencer dengan pengikut yang jauh lebih banyak, lho!

Contoh Pemasaran Influencer: Selebgram dan Pengesahan

Tentu Anda juga tahu istilah Celebgram bukan? Nah, istilah Celebgram berasal dari gabungan kata selebriti dan Instagram. Jadi selebriti adalah karakter yang berhasil mendulang popularitas di Instagram. Selebriti ini juga bisa menjadi alat pemasaran influencer yang efektif untuk menghasilkan konversi.

Contoh topik pemasaran influencer yang populer di media sosial adalah kecantikan. Kita ambil contoh seorang influencer dan beauty vlogger yang ahli di bidang kecantikan yaitu Molita Lin.

Molita Lin memiliki kemampuan untuk mengevaluasi produk secara andal, jujur, dan detail, sehingga memiliki basis penggemar setia yang besar. Dalam hal ini, Molita Lin bekerja sama dengan Goban Cosmetics untuk mengeluarkan lipstik Goban Molita Lin.

Dengan semakin aktifnya media sosial di Indonesia, peluang untuk influencer marketing pun semakin besar. Bagi Anda yang masih bingung memilih strategi pemasaran, tidak ada salahnya mencoba influencer marketing! Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan uang hingga 11 kali lipat, lho.

Untuk sedikit informasi, Anda bisa mencari daftar influencer di hub atau platform influencer marketing yang sudah tersebar di internet.

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/

Related Post