Idiologi Adalah

Idiologi Adalah
Idiologi Adalah

Idiologi Adalah – pandangan atau nilai budaya dan agama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ideologi adalah kombinasi dari bahasa Yunani ‘ideos’ dan ‘logos’, yang berarti tujuan, cita-cita, sudut pandang, pemikiran dan pengetahuan. Ideologi sekumpulan ide atau keyakinan yang menentukan perspektif seseorang dalam mencapai tujuan berbasis pengetahuan.

Sedangkan Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu ‘panca’ yang artinya lima dan ‘sila’ yang artinya prinsip atau prinsip.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ideologi Pancasila adalah seperangkat nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan panca sila Pancasila.

Oleh karena itu, selain lima prinsip pancasila yang harus kita hafal dan pahami, juga penting untuk mengetahui ideologi pancasila.

Sumber Referensi. https://pitchengine.com/tech/2021/02/05/how-to-instal-alight-motion-pro/002517898013669269717

Sejarah ideologi

Idiologi Adalah juga salah satu bentuk filsafat sosial atau politik yang di dalamnya unsur-unsur praktisnya sama menonjolnya dengan unsur teoritisnya.

Hal ini sebuah sistem ide bertujuan untuk dunia dan mengubahnya. Ideologi pertama muncul dalam Prancis yang oleh filsuf Destutt de pada ke-18. Pada abad ke-19, menjadi semakin populer.

Destutt de dan rekan-rekannya sistem pendidikan nasional yang yakini akan mengubah menjadi masyarakat rasional dan ilmiah.

Ini menggabungkan yang kuat pada kebebasan dengan program perencanaan negara dan, pada 1795, doktrin resmi Republik Prancis.

Napoleon awalnya mendukung Destutt Tracy, tetapi kemudian berbalik melawannya.

Bahkan pada tahun 1812, dia menyalahkan pasukannya yang dikalahkan atas pengaruh ideologi ini.

Beberapa sejarawan filosofis menyebut abad ke-19 sebagai era ideologi. Tetapi ada batasan tentang apa yang dapat dikatakan seseorang tentang ideologi.

Karena subjek ideologi masih kontroversial dan dapat diperdebatkan, setidaknya sebagian dari kontroversi tersebut bermula dari perbedaan definisi kata ideologi.

Berbagai ideologi

Ideologi berkembang dalam masyarakat di beberapa negara. Bahkan di dalam komunitas dan kelompok negara mereka memiliki ideologi. Berikut adalah jenis-jenis ideologi:

Kapitalisme

Kapitalisme juga disebut ekonomi pasar bebas. Dimana sebagian besar alat produksi dimiliki pribadi dan terutama didistribusikan melalui operasi pasar.

Dalam ideologi ini diyakini bahwa para pemilik modal melakukan berbagai upaya untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Komunisme

Komunisme adalah doktrin politik dan ekonomi yang bertujuan untuk menggantikan milik pribadi dan ekonomi yang didasarkan pada keuntungan oleh milik umum.

Komunisme adalah bentuk sosialisme, bentuk yang lebih tinggi dan lebih maju.

Ideologi mengatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada suatu negara akan dikuasai oleh negara.

Ide komunisme datang dari Karl Mark dan Friedrich Engels melalui Manifest der Kommunistischen.

Liberalisme

Liberalisme adalah doktrin politik yang mengasumsikan, melindungi dan meningkatkan kebebasan individu menjadi persoalan politik yang sentral.

Kaum liberal umumnya percaya bahwa pemerintah diperlukan untuk melindungi individu agar tidak dirugikan oleh orang lain.

Tetapi mereka juga mengakui bahwa pemerintah dapat menjadi ancaman bagi kebebasan.

Sosialisme

Sosialisme adalah doktrin sosial dan ekonomi yang mensyaratkan kepemilikan publik atau pribadi atau kendali atas properti dan sumber daya alam.

Menurut pandangan sosialis, individu tidak hidup atau bekerja sendiri-sendiri, tetapi hidup bekerjasama satu sama lain.

Dalam ideologi ini, orang hidup sejahtera karena tidak ada hak pribadi.

Fasisme

Fasisme adalah ideologi yang ingin melawan prinsip-prinsip moralitas yang telah diturunkan kepada manusia melalui agama dan digantikan oleh budaya rasis.

Ideologi politik atau gerakan massa ini mendominasi banyak wilayah Eropa Tengah, Selatan dan Timur pada tahun 1919.

Pada tahun 1945, ideologi ini dianut oleh pengikut-pengikut dari Eropa Barat, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Jepang, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Peran Ideologi Pancasila

  1. Alat pemersatu bangsa Indonesia, memperkuat dan memelihara persatuan dan kesatuan.
  2. Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.
  3. Memberikan motivasi untuk memelihara dan memajukan jati diri bangsa Indonesia.
  4. Menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan negara.
  5. Memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme.
  6. Menunjukkan cara dan mengawasi upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.

Nah sobat besar harapan kami dengan adanya pembahsan Idiologi Adalah dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi. https://pitchengine.com/tech/2021/02/05/how-to-instal-kinemaster-pro-mod-apk/002517898006224630478

Related Post