Faktor Internal Penyebab Pelanggaran Ham

10 faktor eksternal penyebab pelanggaran ham

Faktor Internal Penyebab Pelanggaran Ham – Halo sobat pembaca sekalia kembali bersama kami di portaldemisterios.com ang dimana pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang faktor internal penyebab pelanggaran ham. Untuk lebih jelasnya maka mari kita simak penjelesannya.

faktor internal penyebab pelanggaran ham dan penjelasannya

Pelanggaran ham sering terjadi pada kita, faktor yang bisa menyebabkan pelanggaran ham yaitu faktor internal dan juga external nah di artikel ini akan kami bahass mulai dari pengertian sampai faktor internal dan juga faktor externalnya.

Pengertian Dari Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM merupakan salah satu bentuk sikap ataupun tindakan yang mendesak sebuah Hak Asasi dari orang lain. Contoh paling sangat mudah untuk kita memahami bagaimanakah bentuk dari pelanggaran HAM iyalah mengusik atau pun mengganggu kenyaman seseorang. Pasti kita tahu, dari hati nurani kita sendiri mengatakan bahwa tidak ada orang yang hidup ingin dalam kesengsaraan, ketidaknyamanan, dan juga tekanan. Pada saat ini kita sering sekali mendengar, atau melihat peristiwa-peristiwa yang kejam contohnya saja pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengekangan dan juga lainnya yang juga sering kali di beritakan ditv. Peristiwa-peristiwa itu adalah bentuk dari perbuatan dosa yang sudah tentu perbuatan itu melanggar HAM atau Hak Asasi Manusia.

Selain kita itu memiliki hak asasi, kita juga sebagai manusia pula mempunyai kewajiban asasi . Kewajiban asasi manusia iyalah menghormati, menjamin, dan juga melindungi ham lainnya. Hak hidup, kebebasan dan juga kebahagiaan seseorang manusia itu dapat dijamin dan juga terlindungi apabila dia juga melindungi dan menjaga hak hidup, kebebasan dan juga kebahagiaan dari orang lain. Tapi apabila itu tidak dapat diwujudkan, maka akan terjadilah sebuah pelanggaran Hak Asasi Manusia. Jadi kita bisa simpulkan bahwa pelanggaran HAM adalah pelanggaran kewajiban asasi yang sudah dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang pada orang lain.

Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM

Faktor internal sebagai penyebab terjadinya sebuah pelanggaran HAM dapat diartikan sebagai suatu hal yang ada pada dalam diri seorang yang menjadikan hal tersebut sebagai pemicu bagi dirinya untuk berbuat tindakan pelanggaran HAM kepada orang lain. Dan inilah beberapa pentebabnya:

1. Kondisi Psikologis Pelaku

Kondisi psikologis sipelaku menjadi salah satu faktor pendorong untuk terjadinya sebuah pelanggaran HAM. Hal-hal yang termasuk didalam faktor ini contohnya saja, pelaku itu mengalami keadaan gila atau bisa dibilang kurang waras sehingga dia tidak lah sadar apa yang sedang ia lakukan. Ataupun sipelaku itu dalam keadaan batinnya tertekan dikarena sebuah masalah tertentu.

2. Sifat Egois

Faktor internal yang kedua iyalah muncul sebuah sifat egois didalam diri seseorang. Sifat ini membuat seseorang itu hanya dapat memikirkan perasaannya sendiri saja dan juga mengabaikan perasaan orang lain. Akibatnya yaitu orang itu sangat berpotensi untuk melakukan sebuah tindakan pelanggaran HAM.

3. Intoleransi

Pelaku pelanggaran HAM biasanya menunjukkan ciri-ciri intoleransi atau bisa juga disebut sifat yang tidak mempunyai toleransi kepada orang lain. Sifat ini condong akan membuat seseorang bertindak yang berlebihan. Apalagi, jika dia menghadapi sebuah masalah, meskipun itu hanyalah masalah kecil. 

4. Sifat Individualis

Sifat ini hampir sama dengan sifat yang kedua, faktor internal ini yaitu sifat individualis. Orang-orang yang mempunyai sifat ini sebagian besar tidaklah senang untuk melakukan sebuah sosialisasi, mereka condong penyendiri. Sehingga, tidaklah timbul di pikiran dia sesuatu untuk mementingkan kepentingan umum. Sifat ini bisa memunculkan sebuah perasaan bebas untuk bisa melakukan apapun tanpa memikirkan orang lain, salah satunya yaitu melakukan sebuah perbuatan yang melanggar ham. 

5. Tidak ada Kesadaran tentang HAM

Kesadaran yang dimaksud merupakan kesadaran sebuah pentingnya menghormati sebuah hak asasi manusia. Dan ada pelaku yang sama sekali tidak tahu tentang HAM dan juga pelanggaran itu bisa membuat ia terjerat hukum.

Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang bisa penyebab terjadinya sebuah pelanggaran HAM. Dan ini lah beberapa penyebabnya.

1. Penyalahgunaan Teknologi

Teknologi tidak hanya dapat memberikan sebuah dampak positif saja, tetapi juga akan menyebabkan hal yang bersifat negatif jika digunakan untuk tindak kejahatan. Sekarang integrasi sudah melahirkan sebuah jenis kejahatan baru, yaitu tindakan pembobolan barang elektronik dan juga sabotase. Selain itu, dengan kemajuan industri yang dimana pabriknya kurang sekali memperhatikan lingkungan yang ada disekitarnya yang juga menjadi sebuah faktor rusaknya lingkungan. Akibat dari itu, bisa mengancam sebuah kesehatan manusia. Tindakan ini termasuk dalam bentuk sebuah pelanggaran HAM.  

2. Kurangnya Sosialisasi tentang HAM

Nah ini lah salah satu faktor penting, yaitu pelaku sebuah pelanggaran HAM tidak tahu dan juga tidak mengerti sama sekali tentang HAM dikarenakan sangat minimnya sosialisasi soal HAM.

3. Kesenjangan Ekonomi

Terdapat jarak yang sangat lebar antara oranag kaya dengan orang miskin, dimana si kaya itu memperlihatkan sebuah gaya hidup yang mewah dan juga sering menghamburkan uang, sedangkan si miskin itu berada disekitarnya si kaya dan ia sedang menderita kelaparan. Dan karena ini lah menimbulkan sebuah tindakan kejahatan yang nntinya berujung pada sebuah pelanggaran HAM.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang faktor internal penyebab pelanggaran ham semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan terimakasih sudah berjunjung dan membaca

Baca Juga Lainnya:

Related Post