Daun Tapak Liman

manfaat daun tapak liman untuk pria

Manfaat Daun Tapak Liman dan Efek Sampingnya – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang dimana kali ini kami akan membahas mulai dari tentang daun tapak liman, ciri-cirinya, kandungan yang ada, berikut manfaatnya.

cara mengolah daun tapak liman

Tapak liman merupakan salah satu jenis dari rumput-rumputan liar yang terdapat tumbuh di tegalan, sawah, dan juga pekarangan. Daun tapak liman merupakan tanaman yang dapat dipercaya masyarakat digunakan sebagai bahan untuk obat herbal.

Tapak liman di daerah tertentu itu dikenal dengan nama seperti tapak tangan, balagaduk, tutup bumi, talpak tana, dan juga jukut cancang. Pada masyarakat Indonesia tanaman ini belum banyak yang membudidayakannyayang dugunakan untuk tanaman obat. Padahal, manfaat dari daun ini sangatlah luar bisa besar untuk kesehatan tubuh.

Ciri-ciri Dari Daun Tapak Liman

Bagi kalian yang belum pernah memakan ataupun melihat tumbuhan ini maka kami akan menyajikan ciri-ciri dari tumbuhan ini. Berikut ciri-cirinya:

  • Mempunyai tinggi sekitar 20 sampai 80 cm
  • Mempunyai batang yang sedikit kaku, bercabang, dan juga memiliki alur
  • Daun tapak liman yang tunggal itu ber bentuk bulat seperti telur dan juga agak panjang
  • Daunnya sering sekali berkumpul dan membentuk sebuah karangan dekat dengan pekarangan. 

Nah itulah ciri-cirinya.

Kandungan yang ada pada Daun Tapak Liman

Berdasarkan penelitian akhir-akhir ini, tumbuhan ini mempunyai sebuah kandungan bioaktif, contohnya sebagai berikut:

  • Lipid
  • Pharmaceutics
  • Senyawa fitokimia
  • Ethyl Hexadecanoate
  • Pigment
  • Ethyl-9
  • Ethyl-(Z)-9-octadecadienoate
  • 12-octadecadienoate
  • Lupeol
  • Glucoside
  • Stigmasterol
  • Deoxyelephantopin
  • Triterpenoids
  • Sesquiterpene lactones
  • Steroids
  • Flavonoids

Daun tapak liman masih banyak sekali kandungan yang lainnya yang sekarang masih dalam tahap penelitian untuk menemukan kembali potensi daun ini sebagai obat untuk mengatasi dari berbagai penyakit.

Manfaat Daun Tapak Liman

Daun tapak liman sudah digunakan dari sejak lama yang digunakan sebagai obat herbal yang sangat efektif. Karena terdapat kandungan bahan kimia, minyak esensial, dan juga senyawa bioaktif yang bisa dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Berikut ini iyalah manfaat dari daun tapak liman, sebagai berikut:

1. Obat Anti Kanker

Berdasarkan studi yang dilaksanakan pada 2012, kandungan yaitu sesquiterpene lactones mempunyai potensi sebagai agen anti kanker yang sangat efektif. Sesquiterpenoids lactones merupakan komponen utama yang dihasilkan dengan alami dari tumbuhan Asteraceae berperan sangat signifikan untuk sebuah kesehatan manusia.

Komponen Sesquiterpenoids pada daun tapak liman contohnya deoxyelephantopin, scabertopin, isodeoxyelephantopin, dan juga isoscabertopin yang berperan untuk agen anti kanker yang alami. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun tapak liman itu dapat menyembuhan kanker.

2. Obat Anti Diabetes

Senyawa bioaktif yang ada di dalam daun tapak liman contohnya seperti 28Nor-22 (R) dan juga 2, 6, 23-trienolide itu dapat menunjukan sebuah aktivitas yang sangat efektif sebagai obat anti diabetes.

Cara kerja nya yaitu dengan mengurangi dari kadar gula darah yang ada di dalam tubuh manusi dan juga menyeimbangkan kadar di insulin yang sudah diinduksi di streptozotocin. Penelitian ini berhasil pada saat diuji coba pada binatang tikus, tapi belum ada uji coba pada manusia.

3. Penghasil Antioksidan

Daun tapak liman itu mempunyai sebuah kandungan aktivitas yang kandungan tersebut itu dihasilkan dari sebuah aktivitas biologis secara alami pada tumbuhan. Antioksidan ialah zat alami yang perannya untuk mencegah ataupun memperlambat sebuah kerusakan pada sel-sel tubuh akibat dari radikal bebas.

4. Agen Antiseptik

Antiseptik merupakan agen yang biasanya digunakan untuk menghentikan dan juga memperlambat mikroorganisme yang menyebabkan berbagai penyakit. Dan tumbuhan ini mempunyai sebuah kandungan antiseptik yang dapat mengatasi sebuah luka dan juga mengurangi efek sakit pada saat demam.

5. Agen Antimikroba

Tumbuhan ini merupakan tanaman herbal yang sangat dipercaya masyarakat digunakan sebagai agen antimikroba yang sangat efektif. Antimikroba iyalah agen yang perannya itu memperlambat ataupun menghentikan simikroba. Contohnya saja penyakit yang dapat disebabkan oleh sebuah mikroba iyalah batuk, influenza, dan juga pilek biasa.

6. Agen Antiplatelet

Tumbuhan itu mempunyai sebuah efek antiplatelet. Antiplatelet ialah sebuah kandungan yang dapat mengurangi risiko penyakit pembekuan darah.

7. Agen Anti Inflamasi

Anti inflamasi merupakan agen yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai obat untuk mengurangi peradangan. Pada umumnya, obat yang mempunyai anti inflamasi dapat dipakai untuk mengatasi penyakit radang sendi dan juga gangguan peradangan lainnya.

Tanaman ini diberitakan mempunyai sebuah kandungan anti inflamasi, tapi tidak ada bukti klinis yang menunjukkan efek bahwa efek ini membantu.

8. Mengatasi Diare

Rebusan dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk obat diare yang alami oleh masyarakat di negara Nepal. Selain itu juga, tumbuhan ini dipercaya bisa mengatasi disentri, muntah darah, gangguan lambung, dan juga penyakit tuberkulosis.

9. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat lain ialah sebagai penjaga kesehatan liver. Selain mengandung kandungan anti hepatotoksik sebagai penjaga hati dari sebuah kerusakan, kandungan etanol yang ada pada tumbuhan ini juga sangat berperan sebagai pelindung dan juga menjaga kesehatan sihati.

10. Agen Anti Hepatotoksik

Anti hepatotoksik ialah agen yang berfungsi untuk melindungi hati agar terhindar dari racun serta dapat mencegah kerusakan pada hati. Efek dari anti hepatotoksik yang ada didaun tapak liman sudah diuji kepada hewan tikus dan ternyata terbukti sangat efektif sebagai obat untuk mengatasi kerusakan pada hati, tapi belum ada uji coba yang dilakukan kepada manusia.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan syukron telah berkunjung dan membaca.

Baca Juga Lainnya:

Related Post