Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan

energi matahari dihasilkan melalui

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang dimana kali ini akan kami bahas tentang Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan. Dan untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya.

energi matahari dihasilkan melalui

Dari mana yah energi matahari itu di hasilkan? hmm pastinya pertanyaan yang satu ini pernah terpikir pada dibenak kalian. Kita semua sudah tau dari sejak lama bahwa matahari merupakan sumber energi yang sangat penting bagi bumi dan semua isinya. Boleh kita katakan, 100 persen kehidupan yang ada di bumi ini sangatlah bergantung kepada matahari.

Bola besar yang sangat panas yang selalu berada di atas kepala kita, dan itu sudah menyala dan sudah menjadi pusat dari tata surya kita dari bermilyar-milyar bahkan trilyun tahun yang lalu. Tidak pernah sedetik pun matahari itu padam dan selalu menyediakan energi bagi kehidupan seluruh yang ada bumi sampai sekarang. 

Dan bagaimanakah cara matahari itu dapat menghasilkan sebuah energi yang begitu besar? Nah, pertanyaan yang inilah yang akan coba kami menjawabnya didalam uraian dibawah ini. Untuk kita mengetahui cara simatahari itu menghasilkan energi, maka haruslah kita menguak tentang seputar apa yang terjadi pada matahari, dengan alasan inilah yang bisa menghasilkan energi. Untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya dibawah ini.

Dari manakah Energi Matahari itu di Hasilkan? 

Energi matahari itu berasal dari sebuah reaksi nuklir yang terjadi pada matahari. Reaksi ini biasanya disebut juga dengan nama reaksi fusi, yakni penggabungan inti gas hidrogen dan membentuk sebuah gas helium. Proses dari penggabungan ini dapat menimbulkan sebuah hasil sampingan yang berupa energi terdiri atas energi cahaya, energi panas, dan juga energi gelombang yang begitu besar. Reaksi ini dapat terjadi pada pusat atau inti dari matahari yang mempunyai suhu 7.000.000 derajat celsius. Suhu yang seperti inilah yang diperlukan agar suatu reaksi fusi dapat terjadi.

Dan bagaimana kah proses reaksi fusi atau reaksi nuklir bisa terjadi pada matahari, berikut penjelasannya:

  • Reaksi fusi nuklir yang terjadi pada matahari itu melibatkan penggabungan dari inti hidrogen yang akan membentuk inti helium dan mempunyai berat yang lebih besar, dan hasil dari penggabungan ini biasanya kita sebut dengan nama partikel alpha.
  • Inti atom hidrogen hanya memiliki 1 proton, proton ini bebas bergerak di inti matahari, dikarenakan panas matahari yang begitu tinggi dan sifat elektromagnetik yang berkurang, maka proton akan melepaskan sebuah elektron.
  • Akibat dari tekanan inti matahari yang begitu kuat, dan juga proton yang bebas bergerak dan bisa bertabrakan dengan proton yang lainnya, sehingga dapat tergabung menjadi 1, pada proses kali ini mengeluarkan sebuah antipartikel elektron atau bisa disebut juga positron yang akan menghasilkan sebuah neutron.
  • Proses ini akan terjadi secara terus-menerus sampai dapat menghasilkan neutron yang sangat banyak, lalu neutron itu bertabrakan lagi dengan sebuah proton yang akan menghasilkan sebuah nukleus helium. Neuleus yang sudah bertambah banyak akan kemudian bertabrakan kembali dengan nukleus lainnya, dan proses ini lah yang menjadi sebuah energi matahari.

Ilmu pengetahuan pada zaman modern sudah mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang sebuah matahari. Diketahui, matahari ialah bola besar sebagian besarnya itu terdiri dari gas hidrogen, dan persentasenya itu sekitar 92 persen, helium dengan 7,8 persen, dan sisanya tersebut terdiri dari karbon, oksigen, dan juga nitrogen.

Cara Matahari Menghasilkan Energi

Reaksi fusi ini menggabungkan dari dua inti atom hidrogen yang berubah menjadi helium. Setiap detiknya matahari sudah merubah sekitar 600.000.000 ton hidrogen pada matahari yang dia berubah menjadikan sebuah helium. Hidrogen yang dihasilkan sebanyak akan menghasilkan kembali energi yang setara sama 100 milyar sebuah bom hidrogen disetiap detiknya. Bisa kalian bayangkan sendiri, begitu sangat banyaknya energi yang sudah diproduksi oleh sang matahari disetiap detiknya.

Menurut Hans Bethe, ia berpendapat bahwa energi matahari yang dihasilkan dari sebuah siklus proton didalam reaksi fusi tersebut. Siklus ini terjadi pada3 langkah, yakni:

dari manakah energi matahari berasal

Setelah dua langkah di atas itu, maka bisa dilanjutkan dengan memakai salah satu dari kedua reaksi sebagai berikut:

energi matahari dihasilkan melalui

Demikian lah pembahassan kali semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan syukron sudah berkunjung dan membaca.

Baca Juga Lainnya:

Related Post