Contoh Roman Singkat

contoh cerita roman singkat

Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Roman Singkat – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang pada kali ini kami akan membahas tentang contoh roman singkat. Untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya dibawah ini.

contoh cerita roman singkat

Roman merupakan suatu jenis karya sastra yang bentuknya gancaran atau prosa yang dalam isinya itu menggambarkan suatu perbuatan seseorang menurut wataknya dan juga isi dari jiwa masing-masing. Definisi lainnya yaitu, roman merupakan salah satu karya sastra yang menceritakan suatu kehidupan seseorang ataupun kelompok mulai dari kelahirannya, saat dewasa, sampai kematiannya.

Pengertian Roman

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia – roman merupakan suatu karangan yang menggambarkan perbuatan seorang atau pelaku menurut watak dan juga isi jiwa masing-masing.

Baca Juga lainnya di: https://www.portaldemisterios.com/

Menurut Matzkowski – Roman itu salah satu kata yang berasal dari bahasa Perancis yaitu Romanz yang dimana penggunaannya itu mengacu kepada semua karya sastra mulai dari golongan rakyat yang biasa, Istilah roman juga identik yaitu berasal dari sebuah ungkapan latin yakni lingua romana yang artinya sebuah karya sastra dari golongan rakyat biasa.

Menurut Gothe – roman merupakan salah satu karya sastra yang fiksi, roman yaitu sebuah karya sastra yang melukiskan sebuah peristiwa yang mungkin saja terjadi dalam kondisi yang tidak memungkinkan atau saja hampir sesuatu itu tidak mungkin jadi kenyataan, roman juga bersifat subjektif karena si pengarang berusaha untuk menggambarkan dunia sesuai dengan pendapatnya sendiri.

Jadi bisa disimpulkan Roman merupakan suatu jenis karya sastra yang bentuknya gancaran atau prosa yang dalam isinya itu menggambarkan suatu perbuatan seseorang menurut wataknya dan juga isi dari jiwa masing-masing

Ciri-Ciri Dari Roman

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari roman, sebagai berkut:

  • Yang pertama roman itu bercerita soal seorang tokoh tidak ada atau fiktif
  • Yang kedua didalam roman seorang tokoh mulai diceritakan dari kelahiran sampai kematiannya
  • Yang ketiga mempunyai alur cerita yang kompleks
  • Yang keempat karakter tokoh yang diceritakan dengan sangat detail

Contoh Roman Singkat

1.Contoh pertama berjudul Salah Pilih

Di salah satu tempat tepatnya di Sumatra bagian Barat yang namanya Sungaibatang, Maninjau, Suku Minang, hiduplah salah satu keluarga terdiri dari seorang ibu yang namanya Mariati, seorang anak laki yang namanya Asri, dan juga seorang anak perempuan yang namanya Asnah. Ibu Mariati merupakan seseorang ibu yang hatinya baik dan juga sangat sayang kepada keluarganya. Asri merupakan anak laki-laki ibu Mariati yang sifatnya sabar, terpelajar, penyayang, dan begitu taat kepada orang tua. Dan sementara itu, Asnah merupakan seseorang anak perempuan yang diadopsi atau diangkat menjadi anak oleh ibu Mariati dan merupakan seorang anak yang luhur budinya, pemaaf, ramah, taat kepada orang tua, dan juga agak tertutup. Walaupun Asnah yakni anak angkat ibu Mariati, ibu Mariati sangat lah menyayangi siAsnah seperti ia menyangi anak kandungnya sendiri. Dan begitu pun si Asnah, dia sangat menyayangi sekali ibu Mariati seperti ibunya sendiri. Dan ada yang tinggal bersama mereka yaitu seorang pembantu yang bernama Mak Cik Lia. Mereka semua tinggal di salah satu rumah gadang dan juga hidup dengan penuh kasih sayang.

Asri dan juga Asnah sangat lah akrab sebagai adik dan kakak. Mereka selalu saja jujur satu dengan yang lain kecuali satu hal. Asnah yang menyembunyikan rasa sayangnya pada sikakak Asri sebagai seseorang kekasih. Pada suatu hari, Asri yang bersekolah di Batavia itu memutuskan untuk pulang kampung ke Sumatera Barat. Kepulangan si Asri ini merupakan salah satu bentuk kepatuhan si Asri pada ibunya yang memintanya untuk tidak melanjutkan sekolahnya dibatavia dan tinggal di kampung. Tapi, kepulangannya si Asri ini memberikan rasa gelisah tersendiri pada hati Asnah dikarenakan ia diam-diam mencintai si kakak angkatnya.

Setelah tibanya di kampung, Asri segera mendapatkan pekerjaan menjadi clerk di suatu instasi pemerintah dikampungnya. Hal ini pun membuat senang hati siibunya dan Asnah. Bu Mariati meminta siAsri untuk segera untuk mencari pendamping hidupnya dan juga menikah. Asri pun memenuhi permintaan ibunya dan dia pun mulai untuk mencari seorang perempuan yang sangat cocok untuk menjadi pendamping hidupnya. Dalam proses mencari pendamping hidup, Asri sering berdiskusi dengan siAsnah. Sebagai adiknya, tentunya si Asnah pun berusaha untuk memberikan pendapat yang terbaik yang juga dapat membuat si kakak angkatnya itu bahagia walaupun sebenarnya hatinya sangatlah terpukul.

Tapi, kegalauan yang menerpa Asnah itu semakin membuncah saat Asri memutuskan memilih si Saniah, seseorang putri bangsawan untuk menjadi pendamping hidupnya. Tidak hanya Asnah saja, tapi ibu Mariati pun merasa sedih dengan pilihan si Asri. Dikarenakan Saniah yang sebagai putri bangsawan itu dinilai tidak mempunyai perilaku baik, sangat sombong, dan sering membeda-bedakan status sosial. Sikap dan juga perilaku Saniah seperti itu yakni buah dari ajaran ibunya yang namanya Rangkayo Soleah. Sikap dan juga perilaku Saniah yang begitu sombong merupakan kebalikan dan juga tidak sesuai dengan prilaku Asri. Asri merupakan seorang pemuda yang begitu baik dan begitu sayang kepada keluarganya. Meskipun demikian, Asnah sudah berjanji pada ibunya untuk menjaga kedamaian pada saat di rumah gadang.

Asri dan juga Saniah kemudian bertunangan dan juga menikah dengan memakai adat Minangkabau. Pernikahan Asri dan juga Saniah adalah pernikahan yang selalu ada pertengkaran. Mereka yang sangat berbeda dengan masalah adat. Dan juga Saniah yang kerap dikendalikan oleh sang ibu untuk memakai adat yang begitu kaku dan juga kuno namun Asri cendrung lebih bebas. Asri yang sangat menghormati adat tapi tidak suka dipaksa seperti yang dilakukan si Saniah kepadanya.

Selain itu, Saniah pun kerap berperilaku sangat kasar kepada Asnah dikarenakan cemburu pada Asnah. Hal ini yang sering memancing kemarahan si Asri. Tak hanya itu saja, beberapa kali si Saniah itu mengusir Asnah. Dan Asnah pun pergi untuk meninggalkan rumah gadang dan juga membuat ibu Mariati sedih. Meskipun Asnah hanya anak angkatnya, tapi bu Mariati yang selalu memperlakukan si Asnah sama kaya anak kandungnya sendiri. Kesedihan yang begitu dirasakan oleh ibu Mariati membuatnya ia jatuh sakit. Ibu Mariati pun meninggal dunia dikarenakan menderita sakit yang begitu lama. Wafatnya ibu Mariati membuat si Saniah begitu besar kepala dan juga merasa dialah yang sangat berkuasa di rumah gadang itu.

Kepergian Asnah pun tidak bisa membuat perilaku si Saniah berubah. Dia semakin sangat curiga saat mengetahui sang suami si Asri itu sering pulang larut malam dan terkadang tidak pulang ke rumah gadang. Hal ini lah membuat Saniah begitu marah dan kemarahannya itu membuatnya pulang ke rumah sang ibunya tanpa pamit pada suaminya. Saat tiba di rumah ibunya, Saniah dan juga ibunya memutuskan untuk pergi saja ke rumah saudaranya yang berada di luar kota dengan memakai mobil. Pada saat di perjalanan, mobil yang mereka pakai itu mengalami suatu kecelakaan sehingga membuat Saniah dan juga ibunya meninggal dunia.

Tak lama dari kejadian itu, Asri dan juga Asnah pun melaksanakan pernikahan. Tapi, pernikahan mereka itu sempat mendapat ejekan dari orang sekampung dikarena Asri dan juga Asnah itu dianggap satu suku. Dan untuk menghindari ejekan dan juga fitnah, mereka pun pindah ke Batavia atau Jakarta. Pada suatu hari, mereka pun mendapatkan sebuah kabar dari orang di kampungnya bahwasanya Asri dipilih untuk menjadi kepala di kampung. Asri dan juga Asnah pun pulang ke kampung halaman dan juga hidup bahagia.

Demikian lah pemabahasan kali ini dengan tema contoh roman singkat semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan terimakasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Related Post