Contoh Cerpen

Contoh Cerpen

Kumpulan Contoh Cerpen lengkap – Ketika mendengar kata cerpen tentu semua orang mengetahuinya dan akan terlintas dalam pikiran tentang cerita yang sangat manarik untuk dibaca dan diseritakan.

Cerpen atau dengan kata lain cerita pendek, memiliki ciri-ciri penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, cerpen-pun memiliki latarbelakang cerita yang sangat singkat namun terdapat tujuan pokok dari isi cerita tersebut.

Berikut ini beberapa contoh kumpulan cerpen yang telah kami sediakan dari materi.carageo.com, selain menarik untuk dibaca, cerpen yang kami ambil ini juga memiliki pesan didalamnya.

Namun, sebelum membaca cerpen dibawah ini, ada baiknya kita membahas sekilas tentang struktur cerpen yang baik dan benar.

Struktur Cerpen

Cerpen yang baik adalah cerpen yang mengandung minimal 6 (enam) struktur kalimat. Apa saja struktur tersebut, lihat pembahasan di bawah ini:

Abstrak

Abstrak merupakan cerita ringkas atau pokok cerita yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian cerita, biasanya abstrak merupakan gambaran awal dalam cerita.

Struktur ini sendiri bersifat opsional, yang artinya adalah dalam pembuatan cerpen struktur ini dapat digunakan atau tidak digunakan.

Orientasi

Orientasi ini adalah bagian cerpen yang menjelaskan tentang suasana, waktu, dan tempat yang terdapat dalam sebuah cerita. Hampir setiap cerita pendek memiliki struktur Orientasi.

Struktur ini merupakan struktur yang dapat membawa setiap pembacanya seolah-olah sedang mengalami suatu hal yang ada dalam cerita pendek.

Komplikasi

Struktur ini merupakan bagian penjelasan tentang bagaimana alur atau kejadian yang terdapat dalam cerita itu sendiri, biasanya alur tersebut berupa sebab akibat.

Selain itu, pada umumnya struktur ini juga dapat digunakan untuk menerangkan watak dan karakter tokoh.

Evaluasi

Bagian ini merupakan kalimat untuk menerangkan hasil dari pembahasan sebuah cerita pendek. Biasanya penempatan kalimat terdapat pada akhir sebuah cerita pendek.

Resolusi

Sebuah cerpen yang baik adalah terdapatnya unsur yang sedang menerangkan tentang bagai mana untuk mendapatkan sebuah solusi terhadap kejadian yang sedang dialami.

Koda

Koda adalah poin-poin penting yang dapat diambil oleh pembaca cerita pendek itu sendiri, baik berupa nilai, moral atau pelajaran lain dalam segi positif.

Contoh Cerpen Persahabatan

Nama saya adalah Rafi, saya merupakan seseorang anak penulang minyak yang cukup kaya, hidup saya begitu menyenangkan, apa saja yang saya inginkan tentu dengan mudah saya dapatkan.

Tetapi saya memiliki kekurangan terutama tentang persahabatan, untuk masalah sahabat saya tidak memilikinya karena saya merupakan orang yang pendiam.

Saat itu saya bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta, ketika sedang ospek saya dapat memiliki sahabat, akan tetapi hanya sebentar saja.

Setelah mos selesai, saya ditempatkan dalam kelas baru bersama anak- anak baru lainnya. Saat itu terdapat orang yang mendekati saya, namanya adalah Arif, ia merupakan anak dari keluarga yang kurang mampu.

Akan tetapi Arif memiliki banyak teman ketika disekolah. Tiba-tiba Arif mendekati saya karena ia merasa kasihan pada saya yang tidak memiliki sahabat.

Saat itu Arif mendekati saya dengan memberi saya beberapa makanan ringan, pada saat itu juga saya sangat sombong, karena ia memaksa akhirnya saya menerima makanan tersebut.

Keesokan harinya saya diajak bermain kerumah Arif, ternyata ia merupakan anak yatim, ayahnya telah meninggal akibat penyakit stroke yang diderita.

Pada saat itu Arif ingin membawa ayahnya kerumah sakit, tetapi karena keluarga Arif tidak memiliki biaya ke rumah sakit, maka dengan berat hati ayahnya hanya dirawat dirumah saja.

Setelah seminggu waktu berjalan, penyakit ayahnya kambuh kembali bahkan penyakit yang di deritanya pun kian bertambah.

hingga akhirnya ayah Arif dipanggil oleh Tuhan yang maha kuasa. Awalnya Arif tidak percaya bahwa ayahnya telah pergi meninggalkannya untuk selamanya.

Seminggu setelah ayahnya wafat, ia juga mengambil alih posisi ayahnya menjadi kepala keluarga serta tulang punggung keluarga.

Arif memiliki adik wanita bernama Aisyah, Aisyah saat ini duduk dibangku kelas 2 SD. Aisyah juga senang menolong ibunya untuk berjualan gorengan, hasil dari penjualan itu juga tidak setiap hari habis terjual.

Sedangkan Arif, setelah pulang sekolah ia harus langsung berangkat ke pasar untuk mencari rezeki dan menafkahi keluarganya dirumah.

Hampir setiap hari ia menjadi kuli panggul di pasar, tidak hanya itu saja, saya juga sangat sedih ketika melihat keadaan rumah Arif, terdapat atap-atap yang bolong pada rumah Arif.

Ibu Arif juga mengambil pekerjaan sebagai pencuci baju, hampir setiap hari ibunya mendapatkan panggilan untuk mencuci baju dari tetangganya.

Sebenarnya saya ingin sekali menolong Arif, namun setiap saya menolongnya, ia selalu menolak secara halus, mungkin ia menolaknya karena segan dengan saya.

Pada suatu hari saya datang kerumahnya hanya untuk membantu Arif bekerja dipasar, lagi-lagi Arif menolak bantuan saya, tetapi saya tetap ingin membantu Arif, hingga akhirnya ia menerima bantuan saya.

Saya membantunya dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, pada awalnya pekerjaan tersebut berat untuk saya, karena pekerjaannya yang mengangkat beban setiap hari, tetapi itu tidak mematahkan niatku membantu Arif.

Pada akhirnya saya dan Arif mendapatkan keuntungan hingga 60 ribu rupiah setiap harinya.

Arif memberikan hasil yang kami peroleh kepada saya, tapi saya menolaknya.

Arif : ” fi ini untuk kamu, karena kamu telah menolong saya “

saya menanggapi : ” tidak usah rif, sayakan hanya ingin membantu kamu “

” Saya masih memiliki duit, itu untuk kamu saja, mungkin kamu lebih membutuhkannya ”

akhirnya ia menyimpan duitnya kedalam sakunya.

Setelah Jam menunjukkan pukul 17:30 kami berdua pergi kembali kerumah arif, Arif memberikan duit tersebut kepada ibunya untuk keperluan membeli kebutuhan pokok.

Ketika hari senin, saya berangkat ke sekolah sambil menjemput Arif di rumahnya dengan mengendarai mobil.

Saya : ” Rif, ayo berangkat sekolah bersama saya “

Arif : ” tidak usah fi, lebih baik aku berjalan kaki saja “

Saya : ” Jangan berjalan kai Rif, nanti kamu terlambat sampai di sekolah, ini sudah jam 7:00 Rif “

Akhirnya Arif berangkat sekolah bersama Saya.

Saya : ” Nah gitu dong, kita kan berangkat bersama maka pulang kembali juga bersama, sebab saat ini saya hanya memiliki satu sahabat yang spesial seperti kamu ”

**Susah senang kami lakukan bersama sama**

Demikian lah pembahasan kali ini tentang kumpulan Contoh Cerpen, semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat membantu kalian.

Baca Juga :

Related Post