Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

cara tumbuhan menyesuaikan diri bunga mawar

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di portaldemisterios.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri, dan untuk lebih jelasnya maka simak penjelasannya dibawah ini.

cara tumbuhan menyesuaikan diri tema 2 kelas 6

Menyesuaikan diri atau biasa juga disebut dengan adaptasi, adaptasi merupakan usaha yang biasanya dilakukan makhluk hidup untuk bisa bertahan dikondisi lingkungannya. Apabila sesuatu organisme mampu untuk melakukan sebuah penyesuaian diri pada lingkungan tempat dia tinggal, maka dia tetap akan bertahan hidup.

Yang biasanya melakukan penyesuaian itu manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Dan pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri. Makhluk hidup yakni tumbuhan mempunyai sebuah kemampuan untuk dia menyesuaikan diri agar ia tetap bertahan hidup. Adaptasi atau bisa juga disebut dengan menyesuaikan diri terhadap lingkungan iyalah modal yang utama bagi tumbuhan agar tetap mempertahankan kelangsungan dari hidupnya.

Cara tumbuhan untuk menyesuaikan diri itu dengan memakai bagian-bagian pada tubuh tumbuhan sendiri. Kondisi dan juga lingkungan tentu dapat memberikan sebuah pengaruh besar untuk kelangsungan hidup situmbuhan itu sendiri. Contohnya, keadaan habitat, perubahan cuaca, dan juga kehadiran si pemangsa. Oleh karena itulah, agar dapat tetap bertahan hidup tumbuhan haruslah menyesuaikan diri atau beradaptasi.

Tumbuhan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat dia hidup itu dengan cara yang berbeda. Adaptasi yang dilakukan agar tetap bisa hidup walaupun didalam kondisi yang sangat sulit. Adapun adaptasi yang biasanya dilakukan oleh tanaman iyalah sebagai berikut.

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Adaptasi bagi tumbuhan itu dibedakan menjadi tiga, yakni xerofit, hidrofit, dan juga higrofit. Adaptasi itu bisa juga disebut dengan adaptasi morfologi.

Cara Menyesuaikan Diri Tumbuhan Berjenis Xerofit

Tumbuhan xerofit adalah jenis tanaman yang kemampuannya itu bertahan didalam kondisi lingkungan sangat kering dan juga tandus, seperti gurun. Contoh tanaman yang berjenis ini iyalah sebagai berikut.

1. Kaktus

Kaktus iyalah tumbuhan yang hidup digurun yang bisa menyimpan banyak sekali cadangan air di batangnya sehingga tumbuhan ini mampu bertahan pada lingkungan yang sangat kering.

Kaktus untuk menyesuaikan diri dengan cara mempunyai batang yang besar dan juga tebal yang juga berwarna hijau dan mempunyai fungsi utama untuk tempat penyimpanan cadangan air. Selain itu juga, pada bagian luar dari batang kaktus terdapat lapisan yang menyerupai lilin yang berwarna putih dan dapat menahan uap si air untuk keluar. 

2. Kantung Semar

Kantung semar iyalah sebuah tanaman yang dapat bertahan hidup pada tempat yang beriklim tropis dan juga termasuk kelompok tumbuhan insektivora atau organisme yang memakan serangga dan juga hewan-hewan kecil lainnya.

Di dalam kantung semar itu terdapat cairan yang khusus yang bisa dipakai sebagai alat untuk mencerna hasil hewan buruannya. Kesimpulannya kantung semar untuk beradaptasi dengan cara mendapatkan makanan.

3. Pohon Jati

Pada saat musim kemarau, pada saat itulah kita bisa melihat pohon jati beradaptasi atau menyesuaikan diri dalam keadaan lingkungan yaitu dengan cara menggugurkan daunnya yang ada di tiap rantingnya. Hal ini dilakukan pohon jati untuk mengurangi penguapan yang berlebih yang bisa mengakibatkan pohon itu kering lalu mati.

Cara Menyesuaikan Diri Tumbuhan Hidrofit

Tumbuhan jenis hidrofit iyalah sebutan untuk tanaman yang tempat hidupnya dilingkungan perairan. Dan inilah beberapa beberapa contoh tanaman hidrofit dan cara beradaptasinya.

1. Teratai

Ekosistem yang cocok untuk tumbuhan teratai iyalah di rawa dan juga di air yang tenang contohnya kolam. Oleh karena, daun pada tumbuhan teratai itu memiliki ukuran yang agak lebar tapi tipis. Hal ini merupakan bentuk dari adaptasi si tumbuhan ini agar penguapan air lebih banyak.

Selain itu juga, teratai mempunyai batang yang berongga yang di mana itu bermanfaat untuk bernapas meskipun bagian batang dan juga akar itu terendam dalam air.

3. Bakau

Bakau untuk melakukan sebuah penyesuaian diri atau beradaptasi itu melalui akar, akarnya itu memiliki kemampuan sebagai penyaring kandungan garam. 

Apabila tumbuhan itu mengalami kelebihan kadar garam, maka secara alami dan juga otomatis ia mengeluarkannya melalui bagian pada daun dan juga batangnya. Tumbuhan bakau juga mempunyai akar napas yang dapat kita lihat pada saat air laut sedang surut.

Cara Menyesuaikan Diri Tumbuhan Berjenis Higrofit

Hgrofit merupakan sebutan bagi tumbuhan yang mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup pada daerah yang lembab contohnya pada daerah hutan tropis. Contoh dari tanaman hidrofit iyalah lumut.

Lumut untuk melakukan pertahan hidup itu dengan cara melakukan penyesuaian atau adaptasi seperti jumlah daun dan juga stomata menjadi lebih lepas, menjadi tipis, dan lebih banyak.

Dan demikian lah pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan syukron telah berkujung dan membaca.

Baca Juga Lainnya:

Related Post