Apa Itu UX Writer?

Berbagai jenis pekerjaan baru telah muncul dalam beberapa tahun terakhir yang mungkin belum kita ketahui secara pasti apa peran mereka. Profesi baru ini muncul seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir.

Bentuk profesional yang relatif baru

, yang mungkin masih belum diketahui banyak orang, adalah UX Writer (User Experience Writer). Lalu apa yang dimaksud dengan UX Writer?
Definisi Penulis UX

Seperti dikutip dari Coil.com, Emily Stevens menyebutkan di UXPlanet.com bahwa UX Writer bertanggung jawab untuk merancang semua teks yang ditemui pengguna saat menggunakan produk digital seperti situs web, aplikasi seluler, dan perangkat lunak.

Teks yang ditemui pengguna saat berinteraksi

dengan produk digital ini sangat penting untuk membantu pengguna menemukan informasi/hal yang mereka cari. Pesan instruksi dirancang untuk memudahkan pengguna menggunakan situs web, aplikasi seluler, dan/atau perangkat lunak.

Semua pesan notifikasi ini mirip dengan navigasi yang digunakan untuk panduan pengguna. Saat memesan makanan secara online melalui aplikasi, Anda pasti akan diarahkan dengan pesan singkat dan singkat. Pesan singkat juga mengingatkan Anda tentang kesalahan saat menggunakan aplikasi.


Tugas dan tanggung jawab penulis UX

Pesan di situs web, aplikasi seluler, dan perangkat lunak sebenarnya dirancang seperti itu oleh seorang penulis UX. Jadi bisa dibilang penulis UX sudah memikirkan semuanya secara detail. Penulis UX tentunya tidak sendirian dalam bekerja, mereka bekerja sama dengan manajer produk dan tim kreatif (desainer UI/UX) untuk menghasilkan tulisan UX yang singkat, padat, jelas dan konsisten.

Penulisan UX harus bisa menggambarkan produk yang mencakup tujuan, target audiens, pesan utama, uji kegunaan, wawancara pengguna, dll. Intinya, seorang penulis UX perlu memahami produk yang sedang dikerjakannya luar dan dalam.

Bahkan ada penulis UX yang diberi tanggung jawab besar, seperti:

Buat dan pertahankan panduan dan panduan gaya yang menyertakan nada pesan.
Buat strategi konten jangka panjang
Memahami data dan mengetahui cara menggunakannya untuk strategi konten
Bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan seperti departemen hukum dan dukungan untuk memastikan strategi dan teks selaras dengan tujuan perusahaan.
Memahami matriks strategi produk dan menghubungkannya dengan strategi konten

Keterampilan yang Diperlukan untuk Menjadi Penulis UX

UX Writer bekerja sama dengan desainer UI / UX untuk membuat dan menerapkan strategi konten yang komprehensif. Jadi keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi penulis UX?

Pengalaman menulis komponen UX, baik itu produk atau pengalaman web.
Kemampuan untuk membuat salinan dalam berbagai format yang berbeda, dari salinan mikroskopis hingga bentuk yang lebih panjang.
Memahami desain produk dan bagaimana kaitannya dengan strategi bisnis.
Pengalaman dengan data, cara melacaknya, cara mendapatkan wawasan dari data tersebut, dan cara menanggapi wawasan yang diperoleh.

Jadi, apakah Anda tertarik menjadi penulis UX?

Lihat Juga :

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/
https://psyline.id/
https://liga-indonesia.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/

Related Post